Pada perkembangan jaman yang semakin pesat banyak produsen susu formula yang mampu menghasilkan berbagai jenis produk susu bayi. Susu bayi yang baik pada umumnya harus mampu memenuhi kandungan nutrisinya paling mirip dengan ASI. Namun zat-zat atau kandungan yang harus dihindari dalam susu formula bayi antara lain Lutein, Sphingomyelin dan Gangliosida, karena pada hasil uji penelitian kandungan zat tersebut belum bermanfaat. Kebanyakan masalah yang sering dialami seorang ibu yaitu sulitnya memberikan ASI pada bayi sehingga mau tidak mau harus memutuskan untuk mengkombinasikan atau bahkan menggantinya dengan susu formula. Padahal perlu juga ibu ketahui pemberian ASI pada Bayi memiliki banyak manfaat penting tidak hanya untuk bayinya melainkan juga ibu. Selain itu untuk bayi yang hanya diberikan susu formula selama masa tumbuh kembangnya biasanya akan lebih mudah terserang penyakit dibandingkan dengan bayi yang selama lahir hingga ia berusia 2 tahun secara rutin diberikan ASI.



Maka dari itu para orang seharusnya lebih cermat memilih susu dengan kandungan nutrisi paling lengkap dan jangan hanya mudah tergiur dengan harganya yang terbilang murah dan terjangkau. Karena semakin lengkap kandungan dan nutrisinya maka semakin bagus pula susu formula tersebut.
Susu merupakan salah satu sumber makanan bagi tulang yang terdapat kandungan vitamin D dan kalsium di dalamnya, dan kandungan tersebut biasanya berguna untuk membantu serta membangun kekuatan tulang.

Berikut Tips Memilih Susu Formula Bayi :

Utamakan Gizinya
Hindari memilih produk susu bayi hanya berdasarkan merk terkenal maupun harga saja, karena merk terkenal maupun harga belum tentu memiliki nutrisi yang baik dan di butuhkan bayi. Untuk itu anda dapat memilihkan susu formula bayi dengan mengutamakan gizi beserta kandungan lengkap yang terdapat di dalamnya.

Kandungan Zat Besi (Fe)
Zat Besi merupakan salah satu mineral penting yang sangat dibutuhkan tubuh bahkan sejak anak masih ada dalam kandungan. Pada anak, fungsi dari zat besi yaitu akan menjamin asupan oksigen ke darah yang juga akan memastikan anak selalu berenergi dan penuh konsentrasi.

Sesuaikan Dengan Usia
Pilihlah susu formula sesuai dengan usia bayi yang bersangkutan. Selain itu bayi usia di bawah satu tahun tidak boleh minum susu sapi segar karena kandungan natrium, protein dan elektrolitnya masih sangat tinggi. Disisi lain fungsi organ ginjal bayi pada usia ini juga belum berfungsi sempurna, sehingga dapat mengakibatkan masalah pencernaan pada bayi.

Tanggal Kadaluarsa
Hindari resiko yang kemungkinan terjadi pada bayi dengan cara memperhatikan keseluruhannya juga tanggal pembuatan serta kelayakan konsumsi.

Kemasan Baik
Hal yang pertama-tama diperhatikan dalam memilih atau membeli susu bayi yaitu kemasannya. Karena pada umumnya kemasan tidak luput dari pandangan mata, Para orang tua biasanya akan memilih kemasan yang baik untuk anaknya namun apabila terdapat susu dengan kondisi segel rusak atau terbuka maka hindari pemilihan susu tersebut sebab dapat dipastikan susu tersebut tidak terjamin kualitasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Makanan Bayi © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top